Garuda Indonesia Colours Magazine January 2017 | Page 112

110 Travel | Nusa Penida
5 Senses – Scent SEAWEED FARM
Along Penida ’ s low-lying north and east coasts , the shallow waters are perfect for large-scale seaweed cultivation . After being collected by hand and carried to the beach in wicker baskets , the seaweed is laid out to dry in the sun , where it gives off a distinctive ( but not unpleasant ) briny odour . Once dried , it is shipped off to places like Japan and Europe to be used as an ingredient in food and high-end cosmetics .
Di sepanjang pesisir utara dan timur Nusa Penida , perairan dangkalnya menjadi habitat yang pas untuk budidaya rumput laut . Setelah dipanen secara manual dan dibawa ke pantai dalam keranjang rotan , rumput laut pun dijemur hingga beraroma . Begitu kering , rumput laut bisa langsung diekspor ke Jepang dan Eropa untuk digunakan sebagai bahan makanan ataupun kosmetik premium .
Untuk agenda keesokan harinya , kami menuju ke pesisir barat Penida yang berbukit , sekali lagi kami harus melewati jalan tak beraspal yang bergelombang untuk sampai ke puncak tebing dengan panorama menakjubkan mulai dari Selat Lombok hingga Bali . Dari sini Anda dapat menyaksikan keindahan Pantai Kelingking , Tebing Saren , Pantai Pasih Uug ( Broken Beach ), Angel ’ s Billabong , hingga air terjun Guyangan . Dengan mata air keramat yang berada di kaki tebing tepi laut , air terjun ini dapat diakses dengan menuruni anak tangga yang menempel tepat di sepanjang dinding tebing . Di sisi lain tangga tersebut , tak ada ruang lain , hanya debur ombak yang berada ratusan meter di kaki tebing . Jika Anda bukan penggemar ketinggian , Anda bisa melewatkan tempat-tempat tersebut di atas dan langsung saja menuju pantai-pantai yang lebih mudah diakses seperti Crystal Bay dan Gamat di bagian utara .
Selain panorama yang indah serta keunikan budaya setempatnya ( ada beberapa dialek di sini yang berbeda dari dialek di pulau utama Bali ), Pulau Nusa Penida memiliki daya tarik lain yang luar biasa , yaitu air lautnya yang jernih serta terumbu karangnya yang belum terjamah . Para penyelam dengan snorkel dan scuba divers mengunjungi sejumlah situs selam bintang lima yang banyak terdapat di pesisir pulau ini . Di tempat-tempat selam tersebut , para penyelam kerap melihat penampakan ikan pari dan mola-mola . Keesokan paginya , saya naik ke atas perahu untuk penyelam dan menuju ke Manta Point di bagian barat daya Pulau Nusa Penida , tak sabar ingin melihat ikan-ikan penghuni lautan luas ini .
Perlu waktu sekitar 30 menit untuk kami sampai ke tempat yang akan dituju , walau harus melewati lautan dengan ombaknya yang besar . Kami berangkat cukup pagi di hari itu , namun sesampainya di teluk , tempat itu sudah dipadati
Many Balinese make the pilgrimage to the sacred Goa Giri Putri cave temple .
Grilled fish for sale at Toyapakeh market .
oleh kapal-kapal dengan tujuan yang sama . Banyak para penyelam snorkel di pagi itu , namun demikian kami mendapati penampakan enam ekor pari yang berenang tenang di sekitar penyelam , mereka tak tampak terganggu oleh gerakan para penyelam di dekat mereka . Setelah puas dengan semua panorama yang disuguhkan alam , kami kembali ke kapal dan lanjut menuju Toyapakeh . Kami singgah di situs selam yang dikenal dengan nama SD ( Sekolah Dasar ). Sebagai salah satu situs selam terbaik di Pulau Nusa Penida , SD memiliki arus yang kencang yang dapat membawa penyelam mengambang melewati terumbu karang yang penuh dengan beragam jenis makhluk bawah air .
Di pantai yang sama tempat pertama kali saya menginjakkan kaki di Pulau Nusa Penida tiga hari lalu , saya mengucapkan selamat berpisah kepada Pak Yudi . Walaupun perjalanan yang kami lakukan penuh dengan hal-hal luar biasa yang membuat saya terpana , saya tetap merasa masih banyak objek wisata lainnya di pulau ini yang menanti untuk dikunjungi .